Tips Jitu Menghilangkan Bau Amis Pada Ikan


Ikan merupakan hewan laut yang sering sekali kita konsumsi, protein yang terkandung dalam ikan sangat dibutuhkan oleh tubuh manusia. Namun terkadang ikan yang akan kita konsumsi berbau amis yang membuat ika urung untuk memakannya.

Sebenarnya ikan yang segar itu tidak berbau amis, contohya ikan segar yang baru ditangkap yang baru turun dari kapal nelayan.

Ikan yang berbau amis biasanya ikan yang sudah disimpan lebih dari 3 hari dengan cara yang salah. tapi jika ikan tersebut masih kenyal maka masih layak untuk dikonsumsi. Kemudian bagaimana cara untuk menghilangkan bau amisnya? berikut beberapa cara menghilangkan bau amis pada ikan :
  1. Jika ikan yang Anda gunakan adalah ikan yang utuh maka hal yang harus pertama Anda lakukan adalah mebersihkan ikan dengan baik, terutama dibagian hitam yang biasa terlihat di bagian atas ikan. yang dapat diliihat setelah kepalanya dipotong. Nah dibagian inilah yang biasanya menjadi penyebab bau amis pada ikan.
  2. Bersihkan sisik ikan secara menyeluruh sampai bersi lalu lumuri seluruh bagian tubuh ikan menggunakan cuka. Jumlah cuka yang digunakan adalah 2 sampai 3 sendok teh cuka untuk tiap 1 kilogram ikan. Kemudian biarkan ikan kurang lebih sekitar 15-25 menit. Setelah disimpan, basuh ikan menggunakan air hangat, kemudian bersihkan kembali dengan air garam yang bertujan menetraliris rasa yang diberikan cuka.
  3. Rendam ikan dalam rendaman susu selama kurang lebih 20 menit. Kemudian angkat ikan dan keringkan ikan yang telah direndam. 
  4. Lumuri ikan dengan air perasan jeruk nipis ataupun air perasan lemon serta lada dan garam. Kemudian simpan ikan selama kurang lebih 30 menit.
Hidangan ikan yang enak dan nikmat biasanya tidak berbau amis dan anda sudam mendapatkan cara untuk menghilangkan bau amis pada ikan. Nah saatnya anda mencoba memasak olahan ikan yang menggiurkan tanpa bau amis.